MEKAH 2012

by - 8:43 PM


(warning : long post. beware!)
ingin menuliskan apa yang ingin ditulis. semua. sebelum tertumpuk dengan yang lain. sebelum teralihkan dengan yang lain.. karena suara hati dan lisan pun kadang belum cukup untuk sebuah rekaman. apalagi untuk yang satu ini :)

tebak apa.

satu, sekarang baru jam sebelas. setelah luntang lantung dengan fotokopian biologi semalaman, (udah pasti) ketiduran, dan ketika bangun jam bahkan masih belum menunjukkan lewat tengah malam. .........sesuatu sekali. perkiraannya sih, kemungkinan besar kalau tidur tadi bangunnya ya sekitar jam lima. tadinya. nyatanya enggak.

dua, harusnya malam ini saya masih berkutat dengan segala macam invertebrata. yang semua materi ada di fotokopian buku cetaknya si ibu tercinta, tapi tetep banyaknya minta ampun. memang ada desas desus besok pulang siang lagi, akan ada Klinik Diaf, tapi....yah. yang lain belajar. masa saya nggak. minimal fisika lah --kayanya yang ini sih besok beneran ulangan.

tapi bener-bener mau nulis. tentang hal-hal mulai lima hari kemarin.

ah, nggak ding. untuk beberapa hal, harusnya dari enam bulan yang lalu. sejak diberi kertas A4 dibagi 4 itu.

seriusan, nggak tahu harus mulai dari mana.


yang terbawa pulang hari ini. well. sebenernya nggak begitu penting. yang satu yang agak gede itu bekas dekor tabligh akbar. yang kanan Q-Card nya MC. #terus

tapi.. lambang bernuansa biru dan hijau itu yang bener-bener menghiasi dari hari kemarin.

Jum'at, 4 Mei 2012. setelah closing SSP, nyopotin dekor di panggung lapangan dalam, masih harus stay di sekolah buat dekor mid event. ya, hari itu siangnya saya ngedekor, sore lepasin dekor, malemnya ngedekor lagi. sesuatu. bikin awan awan dengan kapas-kasar-yang-saya-baru-tahu-ada-kapas-kayak-gitu. unyu. kayak Shaun the Sheep (walau nggak pernah nonton). bantu nempel tulisan, liat orang-orang yang mau check sound berdatangan satu-satu.

satu malam lagi yang ramai.

yang lain sibuk naik-naik tangga, gantungin awan dan lambang SMANSA DAY. ada yang bolak balik tosis. saya? .......makan nasi goreng.

#eh

iya, emang makan, tapi ya bareng bareng lah :p sebentar doang. dan kemudian diberitahu ada bulan purnama. langsung bangkit dan lari-lari kecil di koridor sambil lihat ke atas, berhubung lapangan itu ada atapnya.

ah ya, sekedar info. bulan purnama bulan ini, bulan lagi ada di posisi perigee --posisi paling dekat dengan bumi. itu berarti malam itu supermoon. yah, mungkin emang nggak begitu jelas perbedaannya kali ya di Bogor. kata saya sih bulannya segitu-segitu aja. tapi agak kuning.....memang dasar ya polusi cahaya.

tapi bulannya memang ada. jadi inget, H-1 opening. hari itu ada Venus sama Jupiter, kan? bintangnya banyak banget. kali ini, bukan bintang. bulan purnama yang menemani, muncul sepenuhnya.

setelah itu pulang, dan... besoknya MID EVENT SMANSA DAY 2012.

oke, itu mid event pertama saya. agak deg degan juga. dibuka dengan Stand Up Comedy yang alhamdulillah bisa mengundang tawa walaupun ketika udah deket di bagian akhir-akhir. ah, ya. melihat kakak-kakak yang kemarin-kemarin hilang, mereka dateng lagi, banyak yang pake batik! :)) sibuk jualan, banyak yang kangen-kangenan.. seneng ngeliatnya. wajah-wajah yang udah jarang banget ditemuin. yang sekarang kelas-kelasnya kosong. senang ngeliat mereka semua kembali untuk smansa.

kemudian ada penampilan audisi band dan BBGB. setelah audisi selesai, baru dapet jarkom untuk dekor PUTIK di atas. jadi nggak ikut evaluasi. tapi.. udah seneng banget denger cerita tentang evaluasi dari temen. yang namanya lagi gunting-gunting di aula, kemudian tiba-tiba teriakan yel-yel dari orang-orang itu bergema terdengar sampai atas. bikin merinding. ah, pokoknya terimakasih untuk mid event yang sangat berkesan, cakrawala :)

dekor PUTIK dimulai dengan agak panik, berhubung ada miskom dengan pihak yang bertugas mengambil barang dari percetakan. ada yang kurang. alhasil ngedekor sambil nunggu. duduk ngehampar di depan aula, barang-barang berserakan di mana-mana, sibuk bolak-balik dari lantai satu ke aula buat nempelin jejak-jejak kaki penuntun peserta ke aula.

di aula juga lagi ada pemanfaatan sumber daya orang tinggi. masang kertas krep di langit-langit. well, yang ini saya angkat tangan. mau bantu juga nggak bisa, kan. semangatin aja. saya juga pengen jadi tinggi cuma.. yah.....

barang yang ditunggu datang sekitar jam setengah 8. tadinya mau mengerjakan yang satu itu di sekolah, tapi ternyata ketua bilang udah terlalu malem. ah ya. oke. jadinya dibagi-bagi buat PR. saya pribadi nggak dapet PR yang itu, tapi bertugas ngasih rundown ke semua ID panitia. jadi pulang dengan seratus ID di tas --dan langsung kerjakan begitu sampai rumah. nggak ada ya ambil resiko istirahat dulu dan ketiduran sampai besok.

malam itu.. jujur agak khawatir. nggak tenang. saya kebagian PJ PUTIK di sie acara, bareng sama teh profesor (re: teh inasya). walaupun hampir semua sudah disiapkan, publikasi juga dimaksimalkan, tapi tetep khawatir. hari minggu itu hari pertama ekstern datang, hari pertama ekstern lihat kesiapan panitia MEKAH. lewat PUTIK. dan saya jadi salah satu orang yang bertanggung jawab di sana.

ditambah dengan menemukan satu bahan pikiran baru malam itu yang bikin saya bener-bener nggak bisa tidur sampai jam tiga pagi......

tapi alhamdulillah, esoknya berjalan dengan lancar :) yang namanya khawatir ketika acara lima belas menit lagi dimulai dan yang dateng baru belasan. dan lega setengah mati ketika tiba-tiba satu rombongan entah-dari-mana muncul tiba-tiba. materinya seru! saya sempet ke mention sama mbak Helvy di twitter :p acara selesai jam 12 siang, dan ketika evaluasi + briefing, ketupat bilang PUTIK sukses. ah.... bersyukur banget. satu selesai. tapi masih ada dua hari penting lagi.

sore itu pulang sekitar jam.. empat. ngomongin untuk PJ acara MEKAH hari kedua, bantuin koor humas yang udah capek tapi masih pusing ngurusin surat dispen sampe-sampe lupa nama semua orang. liatin (dan berusaha mengerti) yang lagi bagi-bagi tugas untuk besoknya. tanya ini itu. bagi tugas lagi. barang-barang kembali berserakan di aula. makan bakpau...

merasa bersalah karena --bahkan baru hafal detail lomba, nama, waktu dan tempat, serta PJ itu udah deket-deket MEKAH. ah. haloo. kamu yang ngurusin, masa kamu nggak tahu? baru ngerti semua teknisi lomba bener-bener ya hari itu. mohon maaf... *sungkem

malemnya.. saya nggak bisa begadang. haha. aneh sekali. padahal ada niat buat nulis blog --tapi akhirnya ketiduran juga. that moment, ketika lagi-lagi merasa sangat tidak produktif karena nggak bisa mengontrol rasa ngantuk dengan baik. yah, yaudah. itung-itung istirahat buat besoknya.

dateng pagi. briefing di aula. (sayangnya) masuk kelas dua jam pertama #eh. tapi pada akhirnya dispen juga. naik ke atas. hari itu.. jadi PJ Pembukaan lomba MEKAH 2012, sekaligus PJ lomba HAFIDZ SD. di lantai atas, beberapa orang nanya apa yang harus dilakuin. oke.....saya tengok kiri kanan lagi pada sibuk semua. akhirnya menjelaskan sebisanya. harusnya ngerti. harus lah! mohon maaf lagi kalo penjelasannya kurang..

dan kemudian serombongan anak-anak kecil berpakaian warna-warni muncul dari tangga aula.

.....diam.

senyum!

here we go.

melihat satu persatu orang berdatangan dari atas. dengan muka-muka lelah karena abis meniti tangga sampe lantai empat *nyengir*. mohon maaf karena penempatan aula yang agak di atas gedung ya... nggak bisa protes juga... ibu bawa anak, guru bawa bimbingan, berkelompok-kelompok ikhwan. sempat panik karena tiba-tiba di dalem udah penuh padahal katanya masih ada yang daftar ulang di bawah. kursinya kurang! menepuk jidat ketika menyadari harusnya di dalem nggak dibuat empat-empat. harusnya bisa lebih. space lumayan banyak. tapi ya.....

akhirnya minta tolong logistik. alhamdulillah terbantu tepat waktu. dengan dipandu a eki dan kodil, pembukaan MEKAH 2012 berlangsung.

kemudian tepat jam setengah sepuluh, peserta diperbolehkan turun menempati ruangan masing-masing. untuk LCT, karena listrik di bawah mati, jadi lombanya di aula.

......ah ya.

balik ke pas pagi, sebelum briefing. sempat ada ketegangan ketika tiba-tiba disuruh turun semua. buru-buru bawa barang yang bisa dijangkau buat turun. agak nggak ngerti. katanya....(hampir) kebakaran (lagi). oke. itu masih pagi, yang dateng baru sedikit. buat mereka yang belum sempet masuk gerbang udah liat temen-temennya berebutan keluar bawa tas, pasti bengong. pengumuman libur mendadak?

sesuatu di deket lab fisika konslet. emang ada bau-bau terbakar gitu. smansa.... sakali aja ya ini...... walaupun alhamdulillah nggak ada apa-apa, tapi seluruh listrik di lantai satu nggak difungsikan.

dan, ya, hampir semua lomba MEKAH ada di lantai satu.

pada akhirnya para peserta lomba ditemani lilin-lilin. terkesan kayak candle light dinner. lol. walaupun listrik akhirnya dinyalain juga. alhamdulillah banget. saya.. jagain HAFIDZ SD. berinteraksi dengan anak-anak kelas 1 - 3 SD. bener-bener ngerasa jadi guru TK. ngomong pelan-pelan, kata kata sederhana, senyum senyum terus..

tapi seneng lihat antusiasme peserta :)

ah ya, dititipin dua adik juga sama bapak. yang satu ngambek sebelum lomba (......) nggak ngerti lagi. tapi pada akhirnya baikan juga. nemenin makan mie ayam setelah HAFIDZ SD selesai. nonton LCT. nunggu sampai jam satu.

evaluasi diadakan setelah ashar. muka orang-orang udah pada ngantuk dan lelah. saya sendiri mendengarkan dengan buku sosiologi di tangan. besoknya ada tiga ulangan bro! dan belum belajar sama sekali. ahaha. pak ketupat bilang, overall hari itu sukses!

pulang jam setengah tujuh --setelah dekor untuk tabligh akbar.

besoknya... sebenernya agak nggak niat masuk kelas. tiga ulangan! walaupun pada akhirnya tiga tiganya dibatalin.. he... aneh juga. pada akhirnya dispen pas pelajaran kedua dan bantu teh fitri ngurus final LCT. sempat ketemu sama beberapa humas dan ketupat yang sedang ngobrol serius. ah... khawatir muncul pas lihat ekspresi mereka. tapi saya nggak berani tanya. pada akhirnya cuma lewat-lewat aja. apapun itu, kenapapun itu. bismillah, semoga tetap diberikan yang terbaik. semangat..

final LCT sampai jam 11 lewat. kemudian ke bawah. hubungi pak Bas dan mba Ira untuk nyari kepala sekolah (nggak ngerti lagi kenapa jadi PJ sambutan kepala sekolah......) tapi pada akhirnya beliau sedang ada urusan, jadi ditiadakan. beberapa humas datang. wajahnya lega. ah, ada pembicara. alhamdulillah dimudahkan.

acara mulai. agak khawatir sebenernya, berhubung memang agak sulit menarik perhatian peserta di acara seperti ini. tapi alhamdulillah bangeeett pembicara sangat seru! saya yang lebih memilih mengasingkan diri di ruang panitia buat bikin essay LIA akhirnya keluar juga, penasaran sama ceramahnya. seneng banget lihat antusiasme peserta. ustadnya seru!  yang ngelucu tapi mukanya datar-datar gitu. materi yang disampaikan berbobot tapi disampaikan dengan ringan.

...ditutup dengan kelegaan dan wajah sumringah para panitia.

dan setelah shalat ashar, evaluasi terakhir diadakan.

....apa ya. seneng. lega. sekaligus sedih. kenapa cepet banget? kenapa tiba-tiba udah selesai? bener-bener, waktu dan lelah itu nggak kerasa. dengerin semua orang-orang menyampaikan keluh kesah, evaluasi, kesan dan pesan selama MEKAH 2012. wajah lega yang duduk di depan yang bener-bener udah ngurusin banyak hal. pasti lelah. makasih banyak banget buat orang yang satu ini. maaf kalau sering nggak konek dan ngerepotin. semangat OSP nya!

melihat satu persatu orang-orang yang sudah mengorbankan waktu untuk membantu suksesnya acara ini.  walaupun yang kelas X masih dengan fotokopian biologi yang nggak lepas dari tangan. kalian semua hebat! makasih banyak udah mengajarkan banyak hal. makasih banyak udah jadi kakak dan partner yang baik sampai detik ini :)

"Iya, gw juga baru kali ini harus stand by ngurusin ini itu. kayaknya dari kemarin jarang banget ikut rabes rabes. jadi nggak tahu apa-apa. tapi..... beneran deh. gw jadi kenal banyak banget orang. berinteraksi dengan semua, punya 'lapangan pekerjaan' di sebuah acara.. seru banget."

mendengar kesan seseorang, dan sepenuhnya setuju. seneng banget --ternyata mereka juga merasakan hal yang sama. nggak sepenuhnya berkutat dengan hal-hal seperti ini itu pusing dan melelahkan. pintar-pintar ambil sisi serunya. yang kayak gini nggak akan datang dua kali, kan? :)

overall. sangat berkesan. sama sekali nggak menyesal mengorbankan waktu dan berkontribusi di kepanitiaan yang satu ini. walaupun hanya sedikit, tapi senang bisa membantu satu sama lain. belajar amat sangat banyak hal. merasakan kekeluargaan yang bener-bener makin terjalin. melihat semua orang berinteraksi.

....makasih banyak, sekali lagi. untuk semuanya. sampai jumpa di (Insya Allah) MEKAH 2013!

P.S. : foto ditambahkan nanti. ada masalah dengan koneksi.
P.P.S (atau P.S.S?) : nggak dapet foto semua panitia. ah. sayang sekali................


here comes the photos!

dekor akbar PUTIK 

PUTIK! 

*le  candle light dinner lol 

tes HAFIDZ SD 

final LUMINOUS
oh ya, btw. luminous itu kan luminositas. energi yang dipancarkan oleh sebuah benda dari seluruh permukaannya. ahahaha. *mendadak aneh ngeliat soal astro pake bahasa inggris nyinggung-nyinggung LUMINOUS. itu kan lomba MEKAH..... 

tabligh akbar yang SUPER! 

....kumpul terakhir. evaluasi panitia.  

:')


You May Also Like

4 comments